Sejumlah UKM bidik ekspor kerajinan ke Malaysia

sejumlah upaya-upaya kecil juga menengah (ukm) dalam jenis kerajinan membidik pasar di malaysia dan permintaannya semua tahun terus meningkat.

ada 33 ukm yang ikut dalam inacraft lifestyle in malaysia tahun ini, tutur direktur utama pt palawi risorsis heru luthfi nazianto, selama kuala lumpur, malaysia, kamis.

pt palawi risorsis adalah putri perusahaan perum perhutani yang menyelenggarakan inacraft pada malaysia berusaha sama dengan asosiasi eksportir juga produsen handicraft indonesia (asephi).

heru menyampaikan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pameran koleksi kerajinan indonesia di malaysia tersebut, tahun ini bergabung melalui pameran sulit kl international gift, premium, and stationary fair (kligp) ke-5 dalam putra world trade center (pwtc) selama kuala lumpur.

Informasi Lainnya:

sejak 2009 sampai tahun 2012, inacraft lifestyle in malaysia diselenggarakan secara mandiri dalam klcc, baru tahun ini bergabung dengan kligp, ujar heru. ia harapkan melalui ikut bergabung selama pameran besar kligp yang berlangsung sejak 12 sampai 14 juni, dengan demikian angka pengunjung serta transaksi dalam inacraft lifestyle ingin meningkat tahun ini.

berdasarkan data pt palawi yang dari 2009 menyelenggarakan inacraft lifestyle selama malaysia, transaksi penjualan berfluktuasi. selama 2009 transaksi penjualan mencapai Satu juta ringgit ataupun kurang lebih rp3,2 miliar, lalu naik selama 2010 adalah 1,8 juta ringgit, juga dalam 2011 menurun menjadi Salah satu juta ringgit.

tahun 2012 kami tak ikut menjadi penyelenggara. tahun ini kami menargetkan transaksi bisa mencapai tiga juta ringgit, papar heru.

pameran inacraft itu diantara lain diikuti oleh ukm dan memproduksi diantara lain perhiasan, tas tangan, tekstil serta pilihan tekstil termasuk bordir, sulam tangan serta batik, juga cenderamata. ternyata itu dubes ri supaya malaysia herman prayitno menyampaikan bisnis pasar ekspor pilihan kerajinan indonesia selama malaysia masih terbuka luas.

pangsa pasar koleksi kerajinan indonesia dalam malaysia baru 0,59 persen daripada total impor kerajinan pada malaysia yang mencapai 980 juta ringgit tahun lalu , ujarnya.

ia mengatakan malaysia bisa merupakan pintu masuk koleksi kerajinan indonesia ke pasar internasional, sebab persentasi wisatawan asing ke negeri jiran itu lumayan besar. tahun kemarin wisatawan asing yang datang ke malaysia, kata dia, menembus kasus 25 juta pihak.

selama lima tahun terakhir 2008-2012, papar herman, impor malaysia terhadap pilihan kerajinan asal indonesia rata-rata tumbuh 31 persen. dalam januari-maret 2013 impor pilihan kerajinan indonesia oleh malaysia telah menembus jumlah kurang lebih enam juta ringgit atau naik 78 persen dibandingkan jangka waktu dan sama tahun kemarin.