Kalangan DPR minta PT Vale lepas lahan nganggur

anggota komisi vii dpr ri irfan membayar pada perusahaan tambang pt vale indonesia untuk melepas tanah yang belum dimanfaatkan juga memberikan lahan tersebut pada pemerintah.

jangan tunggu hingga 2025 masih diberikan. nanti pemerintah hendak panggil investor agar memanfaatkan lahan itu, papar irfan ketika pertemuan antara pt vale indonesia, pemkab morowali dan pemprov sulawesi sedang dan dimediasi dengan komisi vii dpr ri di kota palu, rabu.

tahun 2025 adalah berakhirnya masa kontrak karya pt vale indonesia selama tanah air. kontrak perusahaan tambang itu sudah berlangsung sejak tahun 1968.

saat ini jumlah lahan menganggur serta baru dimengerti oleh pt vale indonesia luasnya mencapai 36 ribu hektare tersebar pada sederat blok dalam kabupaten morowali, sulawesi sedang.

Informasi Lainnya:

secara keseluruhan pt vale indonesia beroperasi di lahan seluas 190 ribu hektare tersebar dalam sulawesi selatan, sulawesi tengah juga sulawesi tenggara.

presiden direktur pt vale indonesia nico kanter menyampaikan pihaknya siap melepas lahan dan belum dijalani.

dia malahan mendesak pemkab morowali agar cepat menunjuk calon investor supaya mengolah lahan menganggur itu. tentu saja melalui ketentuan berlaku, tutur nico.

sementara itu, anggota komisi vii lainnya, mulyadi, menyatakan pt vale indonesia agar memegang teguh komitmennya supaya turut membangun daerah di sekitar operasi pertambangan.

jangan cuma berdalih telah menyalurkan csr (dana tanggung jawab sosial perusahaan). csr cuma merupakan pembius serta modus investasi, tutur politisi partai gerindra ini.