Mantan Panglima TNI bersilaturahim dengan masyarakat Jabar

mantan panglima tni jenderal tni (purn) endriartono sutarto bersilahturahim akbar dengan tokoh serta warga jawa barat pada gedung indonesia menggugat (gim) kota bandung, sabtu.

pada kesempatan tersebut endriartono menjadi salah Satu pembicara selama dialog kebangsaan melalui tema kepemimpinan nasional dan waktu depan bangsa indonesia bersama dengan pilihan tokoh sunda seperti cece hidayat padmadinata dari paguyuban pasundan.

dalam sambutan endriartono menyinggung mengenai persoalan demokrasi dalam indonesia yang saat ini telah berubah adalah suatu model formal.

demokrasi adalah suatu alat agar mencapai lokasi. orang mampu mencari apa saja agar mencapai tujuannya. yang dikhawatirkann, penduduk kita jenuh melalui demokrasi. karena demokrasi dan banyak saat ini merupakan demokrasi formal, tutur dia.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan, dan dimaksud dengan demokrasi formal adalah proses pilkada di tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi dengan ciri uang politik yang mahal.

proses demokrasi formal ini diikuti oleh orang-orang dan hanya mementingkan diri sendiri, bukan rakyat. sehingga terlalu dia terpilih adalah wakil rakyat serta kepala daerah, dan mereka pikirkan ialah bagaimana membayarkan lagi modal mereka ketika berkampanye, ujarnya.

dikatakannya, apabila hal tersebut dibiarkan saja dengan begini wajar apabila masyarakat sudah muak dengan proses demokrasi dan ada saat ini sebab para pemimpin yang dihasilkan dari proses demokrasi formal banyak yang terjerat angka korupsi.

namun, lanjut dia, demokrasi serta memberikan dampak positif dalam kehidupan penduduk indonesia setelah berlangsungnya masa reformasi.

kita tidak mungkin mengingkari bahwa ada kemajuan usai reformasi. salah satunya merupakan keterbukaan, tersebut yg dirasakan usai reformasi, katanya.